Home » , » Bahasa Jawa Sudah Masuk Kedalam Google Translate

Bahasa Jawa Sudah Masuk Kedalam Google Translate

Ada kabar gembira bagi orang Jawa dikarenakan mulai 8 Mei 2013 lalu,  Raksasa internet yakni Google telah menambahkan Bahasa Jawa kedalam mesin penerjemah miliknya. Kini Anda dapat menerjemahkan bahasa Jawa ke bahasa Indonesia secara online.

Tidak hanya bahasa Jawa saja yang ditambahkan pada Google Translate, namun ada bahasa baru yaitu bahasa Bosnia, Cebuano, Hmong, dan juga Marathi. Jadi total penambahan pada mesin penerjemah milik Google itu ada 5 bahasa.

Dengan adanya penambahan bahasa ini Google dapat membantu bagi mereka yang kurang memahami atau bahkan tidak tahu bahasa tersebut meskipun saat ini hanya sedikit konten yang menggunakan kelima bahasa tersebut di internet. Seperti diketahui bahwa untuk saat ini konten yang tersebar di internet mayoritas menggunakan bahasa Inggris, China, Prancis atau Spanyol saja.

Dari kelima bahasa yang ditambahkan oleh Google tersebut, hanya Bahasa Bosnia yang sudah dalam versi alpha. Ini berarti untuk sementara, kualitas keempat bahasa lain termasuk Bahasa Jawa tidak begitu sempurna. Tapi kemungkinan kedepannya akan disempurnakan juga seperti bahasa yang lainnya.

1 comments:

advertisement