Home » , » Cara Mudah Menghilangkan Bau AC Mobil

Cara Mudah Menghilangkan Bau AC Mobil

Sekarang ini umumnya mobil sudah menggunakan AC, namun perlu diketahui bahwa salah satu ”penyakit” AC adalah bau tak sedap. Jika sudah demikian akan menggangu kenyamanan saat berkendara. Biasanya, bau menyengat keluar pada saat  AC dihidupkan pertama kali.

Bagi anda pemilik mobil yang AC-nya mengeluarkan bau tak sedap, jangan khawatir karena ada cara untuk menghilangkan bau tersebut.

Berikut ini beberapa cara mudah untuk mencegah dan menghilangkan bau AC Mobil
1. Sebaiknya jangan terlalu sering membuka kaca mobil terlampau lama saat mobil sedang berjalan karena debu jalanan yang masuk ke dalam akan diputar oleh blower AC. Dengan begitu, Kotoran akan masuk ke sistem sirkulasi, menempel dan menimbulkan bau.
2. Luangkan waktu untuk membersihkan karpet mobil sesering mungkin. Karpet yang kotor dan berdebu juga bisa menghadirkan bau tak sedap pada AC. Sebaiknya bersihkan juga bagian bawah alas kaki sebelum mobil dijalankan.
3. Bersihkan evaporator AC.
4. Bagi para perokok sebaiknya jangan merokok di dalam mobil karena asapnya akan menempel di semua bagian seperti plafon, jok, hingga karpet. Apalagi Aroma asap rokok sangat sulit dibuang dan akan terus berputar.
5. Jangan terlalu sering menyimpan makanan di dalam kabin karena baunya akan bercampur dengan udara dikabin dan menempel ketika bersirkulasi. .
6. Rawat AC minimal enam bulan sekali
7. Pada kondisi mendesak, bisa dihilangkan dengan pewangi mobil, namun tidak sampai 100 persen.
8. Jika wewangian dianggap tidak sehat, ada alternatif lain yakni letakkan sebungkus kopi bubuk yang sudah dibuka di bagian kabin (bisa di panel pintu, atau di bagian belakang kabin). Diamkan semalam.

Dengan beberapa cara diatas dapat dipastikan AC mobil anda akan terhindar dari bau yang menyengat dan anda pun akan merasa nyaman diperjalanan.
advertisement