Home » , » 10 Virus Komputer Yang Berbahaya

10 Virus Komputer Yang Berbahaya

Internet nampaknya tak bisa lepas dari yang namanya virus, bahkan setiap harinya bermunculan ratusan virus baru dan siap menyerang pengguna internet. Bersama-sam dengan virus lama yang masih tersebar di internet, virus baru tersebut hadir dengan cara yang lebih baru juga untuk melumpuhkan korbannya.

Seperti kita ketahui bahwa yang namanya virus yang ada di internet tak pernah pandang bulu untuk menyerang sebuah komputer, baik komputer di negara lain maupun komputer yang ada di Indonesia. Adapun virus lama yang masih malang melintang di dunia internet Indonesia seperti  Win32/Somoto.A, WIN32/Ramnit.A, dan LNK/Autostart.A. Sedangkan varian dari virus tersebut adalah  Win32/Ramnit.H dan  Win32/Ramnit.F.

Menurut Technical Consultant PT Prosperita-ESET Indonesia Yudhi Kukuh, jenis malware yang sulit untuk di hilangkan adalah Ramnit dan Sality. Jadi jangan dianggap enteng meskipun hanya dua jenis. Dan berikut ini 10 virus yang ada di Indonesia yang berhasil terdeteksi oleh ESET Indonesia selama Juni 2012:

1. LNK/Autostart.A
merupakan virus aktif melalui link shortcut dan merupakan nama lain Win32/CplLnk.A dan akhir-akhir ini di manfaatkan oleh varian dari Win32/Stuxnet. Seperti kita ketahui bahwa nama stuxnet sempat menghebohkan dunia dimana Malware berkategori worm ini menyerang negara Amerika, Iran dan meluas ke negara lain seperti Rusia.

Modus dari worm ini adalah bila seeorang membuka folder yang berisi malware shortcut, maka secara otomatis malware shortcut akan aktif.

2. WIN32/Ramnit.A
Virus ini berjenis trojan yang sulit untuk di hilangkan. Trojan ini juga sempat mengganggu Technical Support ESET Indonesia dan puncaknya terjadi pada bulan Mei lalu.

3. HTML/frame.B.Gen
Ini juga virus berjenis Trojan yang sangat berbahaya karena bisa membajak komputer berbasis Windows dan meng install otomatis backdoor ke dalam komputer korban. Yang lebih hebat lagi dalam virus HTML/frame.B.Gen adalah mampu mematikan program antivirus yang terinstall di komputer korban bahkan mampu mempuat komputer tidak bisa di gunakan sama sekali.

4. Win32/Ramnit.F
Virus ini juga berjenis trojan yang bisa memecah atau dengan kata lain menggandakan dirinya menjadi banyak sekali sehingga dapat memenuhi harddrive komputer korbannya. Win32/Ramnit.F bersembunyi di game bahkan di aplikasi Office. Yang membahayakan dari Win32/Ramnit.F adalah mampu membuka firewall yang ada di komputer dan menyamar jadi program palsu yang bertujuan mengumpulkan data-data penting yang ada di komputer korban. Dan mampu menghapus data penting dalam komputer tersebut.

5. Win32/Sality.NBA
Virus ini mampu mengambil alih resources system dan memperlambat kerja komputer.

6. Win32/Somoto.A
Virus ini mampu merekam aktivitas online korban, biasanya virus ini berbentuk seperti sebuah iklan yang jika korbannya mengeklik iklan tersebut maka secara otomatis Win32/Somoto.A akan terinstall di komputer korban.

7. Win32/Ramnit.H
Virus ini juga mampu merekam kegiatan online korban dan mencuri data penting korban. Virus ini memanfaatkan security flaw dan memungkinkan hacker mengambil alih komputer melalui koneksi jaringan.

8. INF/Autorun.gen
Virus ini menyerang komputer berbasis windows dengan cara menggunakan autorun file yang berisi program yang sudah di setting sang pembuat virus ini.

9. Win32/Virut.NBP
Win32/Virut.NBP adalah polymorphic file infector, yang terhubung dengan jaringan IRC dan dapat dikontrol secara remote. Malware tersebut menyerang executable file. Oleh sebab itu, saat ter-install, Win32/Virut.NBP akan langsung mencari executables file yang memiliki ekstensi ".exe" dan ".scr"

10.LNK/Exploit.CVE-2010-2568
Ini merupakan malware shortcut files yang di rancang secara khusus oleh pembuatnya agar bisa masuk Celah CVE-2010-2568 merupakan pintu masuk yang ada di windows.

Dengan mengetahui 10 virus yang paling berbahaya dan beredar di internet Indonesia, hendaknya kita sebagai orang Indonesia untuk selalu memasang Anti-virus pada komputer kita dan selalu meng updatenya agar tidak menjadi target virus-virus tersebut. Seperti pepatah lama yang berbunyi "Sedia payung sebelum hujan".

0 comments:

Poskan Komentar

advertisement