Home » , , , » Cara Mudah Mengecek Dead Pixel Layar Smartphone

Cara Mudah Mengecek Dead Pixel Layar Smartphone

trik mengetahui dead pixel layar smartphoneMungkin para pengguna smartphone belum banyak yang tahu jika layar LCD pada smartphone juga bisa mengalami dead pixel seperti layar LCD pada Laptop atau monitor PC. Apa itu dead pixel? Dead pixel merupakan suatu kondisi salah satu dari ribuan piksel yang terdapat di layar smartphone rusak dan tidak bekerja sebagai mana mestinya. Dead pixel secara teknis sulit diperbaiki.

Dead pixel bisa terjadi karena smartphone sering terjatuh, terkena goncangan, ataupun terkena air atau bahkan sudah cacat produksi dari awal. Untuk itu, bagi Anda yang ingin mengecek apakah smartphone yang anda gunakan terdapat dead pixel atau tidak, berikut tiga cara yang bisa dilakukan.

1. Menggunakan secret code
Secret code atau menu rahasia merupakan menu yang dapat memeriksa kondisi semua spesifikasi smartphone termasuk layar smartphone yang diusungnya. Untuk kode rahasia Samsung, Anda dapat menekan tombol *#0* #, Sony *#*#7378423#*#*, ataupun HTC *#*3424#*#.

2. Memanfaatkan kamera
Cara mengecek menggunakan kamera ini terbilang mudah, Anda cukup memotret di kondisi gelap total, Jika dalam hasil foto diruang gelap total tersebut muncul titik terang di layar smartphone Anda, maka itulah yang disebut dead pixel.

3. Mengunduh aplikasi dead pixel di Google Play
Google Play juga menyediakan sebuah aplikasi pendeteksi dead pixel. Dengan aplikasi ini maka secara otomatis memeriksa layar smartphone Anda untuk mengetahui berapa banyak dead pixel yang ada di layar smartphone Anda.

Terkadang dead pixel ini menampilkan warna yang lebih gelap, lebih terang, atau malah menampilkan warna yang sama sekali berbeda dibandingkan dengan yang seharusnya. Sebaiknya Anda melakukan pengecekan dead pixel pertama kali pada saat membeli smartphone baru.

0 comments:

Posting Komentar

advertisement