Home » , » Nec Medias X, Smartphone Dengan Watercooling

Nec Medias X, Smartphone Dengan Watercooling

Produsen smartphone asal Jepang yakni NEC memperkenalkan smartphone yang dilengkapi dengan pendingin cair (Watercooling) untuk meredam hawa panas yang ada pada perangkat tersebut. Ponsel pintar itu diberi nama Medias X. NEC mengklaim metode ini mampu meredam panas yang dihasilkan oleh prosesor smartphone berkinerja tinggi secara efektif.

Cara kerja pendingin pada Medias X mirip dengan sistem pendingin mesin pada kendaraan bermotor, yakni menggunakan cairan yang dialirkan lewat pipa ke sumber panas lalu dibawa ke "radiator" untuk membuang panas.

Produsen smartphone lainnya seperti Apple, Samsung, dan HTC juga tertarik menggunakan teknologi peredam panas serupa pada Medias X. Produsen-produsen itu bakal mulai melepas smartphone dengan pendingin berbasis cairan, secepat-cepatnya pada kuartal keempat tahun ini.

Sebenarnya pendingin berbasis cairan ini sudah lama dikenal di dunia komputer dengan nama "watercooling" atau "heatpipe". Namun, untuk aplikasi di smartphone, ukuran sistem pendingin harus dibuat sekecil mungkin. Misalnya, pada Medias X ini pipa penghantar cairan (heatpipe) hanya berdiameter 0,6 mm, jauh lebih kecil dibanding pipa serupa pada laptop tipis ultrabook yang memiliki garis tengah 1-1,2 mm.

(sumber: DigiTimes)

0 comments:

Posting Komentar

advertisement