Home » , , » Mengatasi Mobil Mogok Saat Banjir

Mengatasi Mobil Mogok Saat Banjir

Musim penghujan telah tiba, saatnya kita lebih berhati-hati jika sedang mengemudikan mobil karena mungkin kita akan terjebak banjir saat dijalanan dan lebih diperparah jika mobil yang kita kendarai mogok di tengah genangan air tersebut. Pastinya Anda semua akan merasa panik karena bagaimana keluar dari genangan air itu sedangkan mesin mobil mati.

Jika Mobil Anda mengalami mogok ditengah jalan saat banjir, berikut ini hal yang harus anda lakukan:

1. Starter kembali mobil sampai 2 atau 3 kali. Jika tetap tidak bisa hidup, jangan lakukan starter terus menerus karena akan berbahaya. Mintalah bantuan orang lain disekitar untuk mendorong mobil ke tempat yang aman dari genangan air.

2. Setelah berada di tempat yang Anda rasa aman,  hal pertama yang harus dilakukan adalah membuka kap mesin dan keringkanlah pada bagian distributor, koil, busi, kabel busi dengan kertas koran atau lap kering.

3. Setelah kering, coba lakukan starter 2 sampai 3 kali. jika masih tidak mau hidup juga, maka cabutlah kabel busi dan perhatikan apakah ada genangai air disekirar busi. Dan jika ada ada air maka bukalan tutup distributor lalu Anda keringkan dan pasang kembali seperti semula.

4. Setelah beres, cobalah Anda hidupkan kembali mesinnya. Jika mobil sudah hidup dan bisa jalan kembali, jangan langsung tancap gas. Yang harus Anda lakukan yakni jalankan mobil pelan lalu rem kendaraan Anda beberapa kali sampai sistem pengereman normal.

5. Setelah mobil Anda sudah normal kembali, sebaiknya dibawa ke bengkel untuk di cek lebih lanjut karena kalau sudah tergenang air sistem pengereman akan bermasalah. Hal ini penting untuk keselamatan anda sendiri.

0 comments:

Poskan Komentar

advertisement