Home » , » Tips Berinternet Aman Dari Microsoft

Tips Berinternet Aman Dari Microsoft

Hasil survei yang dilakukan Microsoft untuk netter Indonesia menyimpulkan meskipun pengguna internet Indonesia memiliki pengetahuan tinggi soal risiko online semacam identity theft atau online fraud namun dari aspek perilaku belum banyak yang menerapkan sikap aman berinternet dalam kegiatan sehari-hari.

Untuk itu, Microsoft memaparkan tips kepada netter Indonesia yang bisa dilakukan untuk meminimalisir risiko online.

1. Kunci perangkat serta berbagai akun online dengan password yang kuat
Perangkat komputer maupun mobile hendaknya diamankan dengan kode PIN minimal 4 digit untuk berjaga-jaga dari kemungkinan pencurian data. Dan untuk keamanan akun, Menurut Microsoft, jika memiliki beberapa akun, Idealnya, tiap akun harus memiliki password sendiri yang tidak dipakai di akun lain.

2. Jangan lakukan transaksi online lewat komputer publik
Usahakan perangkat yang digunakan untuk transaksi online adalah  milik sendiri, bukan pinjaman dari orang lain ataupun komputer yang ada di tempat-tempat umum semacam warnet. Transaksi yang dimaksud di sini mencakup pembayaran tagihan, transaksi bank, belanja, atau kegiatan bisnis lainnya.

3. Jangan asal buka e-mail atau pesan yang mencurigakan
Sekarang ini banyak usaha penipuan dilakukan lewat cara ini. Hindari tawaran-tawaran yang tampak berlebihan.

4. Gunakan koneksi internet aman
Perhatikan, misalnya, simbol gembok terkunci di sudut kolom alamat URL atau alamat "https" yang menunjukkan bahwa laman internet tersebut aman sebelum melakukan kegiatan penting di situs tersebut seperti melakukan transaksi online dan lain-lain.

5. Kurangi spam yang masuk ke inbox untuk meminimalisir risiko
Jangan memberikan alamat e-mail atau instant messaging ke orang asing atau institusi yang reputasinya tidak Anda ketahui. Hindari menampilkan informasi tersebut pada laman jejaring sosial atau direktori internet (misalnya white pages) atau pada situs lowongan kerja.

6. Waspadai para pengintai
Jika sedang menggunakan komputer publik, berhati-hatilah saat memasukkan data sensitif seperti password. Perhatikan lingkungan sekitar, pastikan tak ada orang yang mencuri pandang gerakan jari Anda saat mengetik nomer PIN atau informasi penting lainnya.
(sumber: kompas)

0 comments:

Poskan Komentar

advertisement