Home » » Perbandingan Tampilan BlackBerry 10 vs Android, iOS dan WP8

Perbandingan Tampilan BlackBerry 10 vs Android, iOS dan WP8

Sekarang ini mau beli smartphone terasa membingungkan, bagaimana tidak? sekarang ini smartphone yang ada dipasaran selain merk yang banyak juga operasi sistemnya juga beragam mulain dari Android dan iOS yang menjadi pemain paling dominan, kini juga tersedia alternatif lain berupa perangkat Windows Phone 8 (Nokia Lumia, HTC) dan yang baru diluncurkan 30 Januari lalu yakni BlackBerry Z10 .

Nah, mengenai masing-masing platform ini tentu memiliki keunggulan masing-masing. Untuk memudahkan Anda dalam memilih, berikut ini daftar singkat perbandingan sistem operasi Android, BlackBerry 10, iOS, dan Windows Phone 8 yang dikutip dari TechRadar.

Tampilan antarmuka
Tampilan homescreen Android (paling kiri), Windows Phone 8 (kedua dari kiri), iOS6 (kedua dari kanan), dan BlackBerry 10. gbr:techradar.com

Antarmuka sistem operasi iOS dari Apple memang tak berubah banyak sejak pertama kali diperkenalkan 2007 silam. Jika dibandingkan yang lain, tampilan iOS terlihat paling sederhana dengan deretan icon aplikasi dan folder yang langsung menyambut pengguna.

Tapi dengan kesederhanaan ini iOS memiliki kelebihannya sendiri karena jadi mudah dipelajari, bahkan pengguna awam yang baru menggunakan smartphone sekalipun. 

Sedangkan untuk Android, selain deretan aplikasi, pengguna juga bisa menempatkan widget dan shortcut aplikasi serta folder di layar. Jadi para pengguna pun bisa lebih fleksibel dalam mengatur tampilan sesuai keinginan.

Tapi yang harus di ingat adalah, tidak semua tampilan Android sama, tergantung produsen perangkat yang bersangkutan. Ini karena beberapa produsen handset menambahkan kustomisasi UI mereka sendiri seperti Samsung dengan TouchWiz atau HTC dengan Sense-nya.

Untuk Windows Phone 8, lebih mirip iOS dengan layout yang identik antar perangkat, apapun mereknya. Homescreen Windows Phone 8 dilengkapi dengan kotak-kotak "Live Tiles" yang mirip widget pada Android, di mana sebuah aplikasi (seperti aplikasi cuaca dan e-mail misalnya) bisa menampilkan informasi dan pesan terkini secara real-time.

Dan yang terakhir adalah BlackBerry memiliki cara sendiri dengan menerapkan interface yang sarat dengan navigasi melalui gestur jari pengguna. Tak ada  tombol "home" atau "back" yang bisa ditekan, semuanya mengandalkan gerakan tangan.

Untuk layar utamanya, BlackBerry 10 mirip dengan iOS serta Android dengan susunan icon aplikasi yang berderet rapi memenuhi layar.

Pengelolaan pesan (messaging)
Messaging pada Android (paling kiri), Windows Phone 8 (kedua dari kiri), iOS6 (kedua dari kanan), dan BlackBerry Hub

Seperti kita ketahui bahwa fungsi utama dari Smartphone masih digunakan untuk panggilan suara, namun untuk saat ini mungkin lebih banyak berkutat dengan messaging alias pengiriman pesan teks yang tak lagi sebatas short text message (SMS) saja.

Pada Android misalnya, tersedia banyak aplikasi yang menyediakan layanan messaging di toko Google Play, semacam WhatsApp dan Skype.

Para produsen perangkat Android diberikan kebebasan dalam mengatur banyak hal dalam produknya, termasuk keyboard virtual. Karena itu, pengalamam mengetik di Android bisa berbeda-beda tergantung perangkat yang digunakan.

Akan tetapi, bila tidak puas dengan keyboard standar yang diberikan produsen, pengguna Android bisa mengunduh aplikasi keyboard dari pihak ketiga, misalnya SwiftKey yang populer.

Berbeda dengan iOS yang hanya mengizinkan pengguna menggunakan keyboard virtual bawaan iPhone. Namun keyboard virtual yang terdapat pada sistem operasi ini terbilang responsif dan cukup akurat sehingga penggunanya dapat mengetik dengan cepat.

Dalam sistem operasi iOS ini juga menyediakan aplikasi sms dan e-mail terpisah. Selain itu, Apple juga menawarkan aplikasi iMessage lewat iOS yang memungkinkan penggunanya berkirim pesan kepada sesama pemakai iPhone secara gratis.

Sedangkan BlackBerry 10 ini masih mengandalkan aplikasi chatting populer BlackBerry Messenger (BBM). Sebagai tambahannya, platform terbaru dari produsen smartphone asal Kanada tersebut mengusung fitur BlackBerry Hub yang memusatkan seluruh kegiatan messaging dari semua aplikasi dalam satu tempat.

Yang menarik dari BlackBerry 10 adalah pesan Twitter dan Facebook bisa ditulis atau dibalas langsung lewat BlackBerry Hub tanpa harus membuka aplikasi yang bersangkutan (Facebook, Twitter, dan lainnya) sehingga lebih praktis.

Untuk memudahkan penggunanya agar tidak kebingungan di tengah-tengah banyaknya pesan dari berbagai aplikasi(Facebook, Twitter, dan lainnya), BlackBerry Hub bisa disetel agar menampilkan satu akun saja.

Berbeda dengan Windows Phone 8 yang masih mengelola pesan dengan cara lama, yaitu melalui aplikasi-aplikasi terpisah untuk SMS, e-mail, dan third party messaging. Satu fitur baru yang diterapkan pada sistem operasi mobile milik Microsoft ini adalah Windows Live Messenger yang turut disertakan dalam Skype -- yang kini sudah dimiliki raksasa software itu.

Dari keempat sistem operasi tersebut, cuma Android yang memungkinkan pengguna memasang keyboard virtual pihak ketiga. Baik iOS, BlackBerry 10, maupun Windows Phone 8 tidak bisa menggunakan fitur tersebut.
(sumber: kompas)

0 comments:

Posting Komentar

advertisement