Home » , » Telkomsel, Indosat, XL Dan Smartfren Mempersiapkan Jaringan LTE

Telkomsel, Indosat, XL Dan Smartfren Mempersiapkan Jaringan LTE

Empat operator telekomunikasi Indonesia siap menyongsong kehadiran jaringan 4G alias LTE, diantara operator tersebut adalah Telkomsel, Indosat, XL Axiata dan PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) bersepakat melakukan sinergi jaringan super cepat 4G atau long term evolution (LTE).

Sienergi tersebut dilakukan karena untuk menyiasati keterbatasan frekuensi yang tersedia untuk LTE. Mengingat LTE membutuhkan  layanan akses data cepat dengan bandwidth besar, minimal 20 Mega Hertz (MHz). Namun sayangnya pemerintah Indonesia sampai saat ini belum memutuskan frekuensi yang akan dijadikan jaringan LTE. Rencananya pemerintah akan memutuskan frekuensi 4G LTE setelah selesai menata layanan 3G di frekuensi 2.100 MHz.

Dengan adanya sinergi dari 4 operator besar ini, setidaknya akan meringankan beban pembangunan jaringan yang memberatkan jika dilakukan sendiri-sendiri. Diprediksi paling lambat 2015 Indonesia sudah memiliki jaringan 4G LTE asalkan jika sinergi jaringan ini berjalan dengan baik dan lancar. Jadi para pengguna smartphone yang sudah mendukung 4G LTE diharapkan sabar menunggu.

0 comments:

Posting Komentar

advertisement